RSS

Kemacetan

09 Oct

Sekarang ini sepertinya kemacetan di Jakarta semakin menjadi-jadi. Di berbagai titik di Jakarta menjadi tempat langganan macet. Di tambah dengan hujan yang hampir setiap hari turun  dengan derasnya disertai angin kencang. Apalagi kalau terjadi banjir, bertambahlah kemacetan di Jakarta ini.

Kenapa sih bisa terjadi banjir? Sepertinya jawaban dari pertanyaan ini sudah menjadi rahasia umum. Yang bisa menyebabkan banjir sudah pasti adanya kesalahan pada saluran bembuangan air dan pada tempat pembuangan air itu sendiri. Kesalah pada saluran seperti banyaknya sampah pada saluran tersebut dan sampah itu sendiri disebabkan oleh manusia yang membuang sampah kedalam saluran air juga kurangnya jumlah pekerja kebarsihan sehingga banyak sampah-sampah yang menyumbat saluran air. Sedangkan kesalahan pada tempat pembuangan air seperti kali dikarenakan adanya penyempitan badan kali dan banyak yang membuang sampah ke dalam kali serta sedikitnya lahan terbuka serta pepohonan sebagai penyerap air dikala hujan tiba. Selain itu keteraturan dari pengguna jalan juga merupakan penyebab utama terjedinya macet. Jika sudah dijalan oarang sering hanya memikirkan dirinya sendiri seperti menggunakan handphone saat mengendarai kendaraannya atau berhenti sembarangan. Bahkan seringkali ada yang memotong jalan padahal ada rambu yang melarang pegendara melewati jalur tersebut.

Partisipasi masyarakat sangat dipelukan dalam hal ini disamping perhatian dari pemerintah yang juga merupakan faktor utama dari penjagaan kebersihan lingkuangan. Kesannya masyarakat sangat tidak peduli tentang kebersihan. Mereka seenaknya membuang sampah dimanapun mereka berada.  Jika melihat seseorang yang berpendidikan seperti pekerja kantoran atau mahasiswa terkadang saya berfikir mereka seorang yang berpendidikan tetapi kenapa mereka masih saja membuang sampah sembarangan seperti orang yang tidak berpendidikan. Apalagi jika melihat seorang pegawai pemerintah yang melakukan hal itu.

Rasanya mempunyai sebuah kota yang bersih, tidak ada banjir dan tidak ada macet masih merupakan mimpi yang masih panjang bagi masyarakat Indonesia. Tapi walaupun begitu kita harus tetap berjuang dari sekarang . rubahlah dirimu dan kemudian rubahlah negaramu ini. Semoga nanti generasi kita dan generasi selanjutnya bisa merasakan sebuah kota yang indah.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: