RSS

Dampak Positif Stimulasi Otak Tengah

03 Jan

Semenjak akhir tahun 2009 sedang marak-maraknya kegitan pelatihan mengaktivasi stimulasi otak tengah. Kegitan ini dapat mempercerdas anak yang dianjurkan berusia mulai dari 5 tahun hingga 15 tahun. Karena saat berusia 5-15 tahun merupakan masa-masa perkembangan kognitif anak yang sangt penting.

Seorang anak yang mengikuti pelatihan aktivasi stimulasi otak tengah dapat melakukan berbagai hal yang tidak dapat dilakukan anak-anak yang tidak mengikuti pelatihan seperti :

  • Membaca dan mewarnai lukisan dengan mata tertutup (blind-fold reading method).
  • Mampu mengenali huruf, bentuk dan aneka warna dengan mata tertutup.
  • Dalam keadaan lebih mahir, anak akan mampu mengendarai sepeda dengan mata tertutup.
  • Selain itu membaca buku dengan cepat dan  mengingat materi pelajaran yang disajikan.

Di Indonesia pelatihan ini masih sangat jarang, salah satu penyedia pelatihan adalah Genius Mind Consultancy (GMC) Indonesia.

Fungsi otak kiri adalah untuk berpikir nalar, analisa, kemampuan berbahasa dan kemampuan menghitung. Dapat dikatakan otak kiri bertanggung jawab terhadap IQ seseorang. Seseorang dengan kecenderungan otak kiri yang dominan biasanya orang tersebut memiliki sikap yang egois, mementingkan diri sendiri, mudah iri hati, dan sombong.

Sedangkan otak kanan bertanggung jawab dalam emosi, daya intuisi, daya kreasi, kesenian, kemampuan refleksi, daya ingat, kepribadian dan lain sebagainya. Yaitu bertanggung jawab terhadap emosi (EQ). Seseorang dengan kecenderungan otak kanan yang lebih dominan cenderung dapat lebih berperasaan serta kurang kemampuan manajerial.

Saat ini pendidikan umum seperti sekolah dan kulaih lebih cenderung pada pengembangan kemampuan otak kiri. Sehingga mengakibatkan banyak orang tidak percaya adanya indera intuisi, daya prediksi dan kemampuan perspektif yang merupakan gejala umum dimana fungsi otak kanan tertekan oleh otak kiri.

Tetapi setelah mengikuti pelatihan dan midbrain diaktifkan, fungsi dari otak kanan dan otak kiri dapat berjalan secara seimbang. Otak kiri tidak lagi menekan otak kanan. Kemampuan prediksi, daya ingat, kesenian dan kemampuan refleks tidak hanya menjadi berkembang, tetapi kemampuan manajerial dan pemahaman mereka juga dapat terpelihara.

Salah satu lembaga penyedia pelatihan aktivasi otak tengah menggunakan teknologi komputer yang modern untuk mengaktifkan midbrain melalui kolaborasi dan kemanjuran musik, audio dan lain sebagainya. Dan dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan pada janin menghasilkan data bahwa  janin dalam kandungan yang diperdengarkan musik ‘mozart’pada saat bayi lahir, bayi memiliki kecerdasan yang lebih dan kemampuan belajar yang cepat dibandingkan bayi yang tidak diperdengarkan music ‘mozart’.

Beberapa ini manfaat aktivasi stimulasi otak tengah :

  1. Meningkatkan konsentrasi
  2. Meningkatkan daya ingat
  3. Meningkatkan kreativitas
  4. Lebih cerdik
  5. Lebih berbakat
  6. Hormon lebih seimbang
  7. Membentuk karakter positif
  8. Emosi lebih stabil

sumber :

http://www.otaktengah-gmc.co.cc/2010/10/keajaiban-otak-tengah.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: