RSS

Psikologi, Masyarakat, dan Komputer

08 Jan

Penggunaan Komputer pada Masyarakat dan Hubugannya dengan Psikologi

 

 

 

Faniardhiny B

2PA01

14509040

 

 

Universitas Gunadarma

Fakultas Psikologi

2011

 

Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN……………………………..…………………………………………..1

BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………………….…….2

Bidang ilmu yang terlibat dalam IMK…………………………………………………….2

Manfaat ilmu komputer……………………………………………………………………..…2

Dampak kecanduan komputer…………………………………………………….………..4

Kecanduan computer……………………………………………………………………..……6

Kerugian yang berhubungan dengan psikologi……………………………….………8

BAB III PENUTUP………………………………………………………………….……………11

Kesimpulan………………………………………………………………………………………..11

Daftar Pustaka……………………………………………………………………………………12

 

BAB I

PENDAHULUAN

Komputer merupakan teknologi yang pasti dikenal oleh hampir seluruh masyarakat. Hal ini berlaku baik di negara-negara maju maupun di negara yang sedang berkembang. Sebagai salah satu penemuan teknologi komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk teknologi lainnya yang sudah mapan seperti kereta api, mobil, pesawat udara, televisi dan sebagainya.

Yang membedakan komputer adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Selain itu yang hal lain yang membedakannya adalah kecepatan perkembangan teknologinya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini para ahli fisika, elektronika dan komputer dapat mengembangkan micro processor yang berkemampuan besar. Pengolah semacam itu digunakan sebagai bagian pengendali dari produk teknologi lain seperti peluru kendali, kendaraan bermotor, pesawat udara, kamera, komputer pribadi dan jalur perakitan otomatis di industri.

Komputer pada saat ini banyak digunakan di sekolah, kantor ataupun di rumah. Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data untuk bermacam-macam keperluan. Pada saat ini di sekolah-sekolah banyak kita jumpai pengolahan nilai siswa dengan komputer yang dapat membantu pembuatan daftar nilai, penghitungan nilai rata-rata kelas ataupun laporan-laporan untuk kepentingan evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan sebagainya.

BAB II

PEMBAHASAN

Pertumbuhan teknologi komputer tidak boleh memiliki pengaruh negatif terhadap nilai dasar manusia (Universitas Nottingham). Kemajuan antarmuka dan teknik lain dari pengontrolan komputer (seperti dengan menggunakan joystick dan fingertip) mendukung peran keyboard dan mouse tradisional.

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) harus dipastikan bahwa kita (manusia) yang tetap memegang kunci dalam membuat keputusan. Maka dari itu, “Being Human” menjadi usulan bagi IMK di tahun 2020. Hal ini dilaporkan secara detil di konferensi pada Maret 2007, tentang penemuan Microsoft, yang dihadiri oleh ahli-ahli IMK dari seluruh dunia. Pada 2020, kita masih dapat membaca koran ataupun majalah, tetapi konten dari koran atau majalah tersebut akan didistribusikan secara digital dan ditampilkan melalui layar yang dapat dilipat dan dapat ditaruh di saku Anda; atau bahkan pakaian kita dapat menunjukkan diagnosa kesehatan kita.

Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem antarmuka (interface).

Interaksi manusia dan komputer berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu atau yang terlibat dalam  Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah :

  1. Psikologi dan ilmu kognitif : memberikan dasar pengetahuan tentang persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
  2. Ergonomi : kemampuan fisik user.
  3. Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi.
  4. Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi.
  5. Bisnis : pemasaran.
  6. Desain grafis : presentasi interface.

Pemanfaatan ilmu komputer di masyarakat terdapat dalam beberapa bidang, antara lain :

a. Bidang Pendidikan

Salah satu manfaat komputer yang utama adalah di bidang pendidikan. Komputer merupakan sarana belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa. Komputer menjadi salah satu bidang studi dan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap siswa. Dengan bekal ilmu komputer sejak sekolah, anak-anak dapat bersaing nantinya saat masuk ke dalam dunia kerja.

Selain sebagai memberikan modal kepada siswa salah satu kemampuan yang wajib saat mencari kerja, manfaat komputer lainnya adalah sebagai pembuka cakrawala. Banyaknya akses ke ilmu pengetahuan menggunakan komputer bisa membuka cakrawala para siswa tentang dunia ini dan segala isinya.

b. Komputer di Dalam Bisnis

Manfaat komputer di berbagai bidang juga mencakup bidang bisnis dan usaha. Dengan adanya komputer, segala urusan administrasi yang biasanya harus dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan menggunakan komputer. Berbagai aplikasi pengolah kata dan data membantu di dalam urusan administrasi ini dan berbagai pengolahan data lainnya.

Selain itu, kehadiran komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer, mungkin akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dilakukan. Hal ini akan menjadi modal di dalam pengambilan keputusan dan langkah yang akan diambil selanjutnya.

c. Dalam Bidang Perbankan.

Di dalam bidang perbankan, sangat jelas sekali fungsi komputer ini. Dengan adanya komputer, segala aktivitas perbankan baik itu simpan pinjam dan transaksi keuangan lainnya dapat berjalan dengan lancar. Adanya sistem yang canggih di dalam komputer perbankan menjamin keamanan dan kerahasiaan dari setiap nasabah.

Komputer di dalam dunia perbankan juga berfungsi untuk menyimpan dan mengolah berbagai data. Aplikasi yang terpasang di dalam komputer juga dapat menjadi salah satu sumber data analisa untuk mengambil keputusan di dalam mengembangkan diri.

d. Dalam Pertahanan dan Keamanan

Bidang pertahanan dan keamanan juga masuk dalam salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga dikendalikan oleh komputer.

e. Bidang Kedokteran

Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat yaitu komputer memudahkan seorang dokter dalam menganalisa organ2 tubuh manusia tanpa operasi dan memudahkan dalam menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat tanpa melakukan operasi yang harus mengeluarkan biaya lebih banyak.

Penggunaan komputer dalam dunia kedokteran ditandai dengan penggunaan system CAT (Computerized Axial Tomography) pertama kali tahun 1973 untuk membuat gambar otak. Sekarang CAT digunakan untuk mengambil seluruh organ tubuh yang lainnya.

Dengan pengenalan komputer dan Internet, sebuah dunia baru telah dibuka untuk penggunanya. Orang tidak bisa hanya melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya dari komputer, tetapi juga menyenangi diri mereka sendiri. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk sosialisasi sebagai salah satu perkenalan dengan orang baru dan berteman melalui situs jaringan online dan chat room. Selain itu, orang tidak perlu mengacu pada buku-buku dan surat kabar untuk mendapatkan informasi yang mereka ingin tahu, hanya dengan sekali klik maka Internet terisi dengan informasi.

Namun, seperti semua hal yang baik, bahkan komputer memiliki kelemahan tertentu yang dapat mempengaruhi pengguna negatif. Dengan meningkatnya popularitas komputer dan internet meningkat, tipe baru kecanduan juga mulai muncul yang disebut kecanduan komputer. Istilah kecanduan komputer juga termasuk kecanduan internet dan oleh karena itu, ada banyak ahli yang menyebutnya Internet Addiction Disorder.

Kecanduan komputer dan internet memberikan beberapa dampak langsung atau tidak langsung kepada individu, namun dampak tersebut sifatnya sangat variatif antar satu personal dengan personal yang lain.

1. Makan menjadi tidak teratur

Bermain internet berjam-jam menimbulkan keasyikan tersendiri, perasaan senang secara berlebihan membuat seseorang menunda makan, atau makan menjadi tidak teratur.

2. Tidur menjadi tidak teratur

Bermain internet melebih 8 jam dalam sehari akan menyita banyak waktu, apalagi bila waktu online di mulai malam hari akan menyita waktu tidur.

3. Kelelahan fisik

Bermain internet dan komputer beberapa jam akan menimbulkan kelelahan, apalagi bila melebihi 8 jam setiap harinya. Beberapa penelitian mengenai pengaruh komputer terhadap kesehatan secara berlebihan masih dalam penelitian lebih lanjut, sakit kepala, kelelahan pada mata, sakit pada sendi tangan, pegal, dsb merupakan keluhan-keluhan yang sering ditemukan pada pengguna komputer. Gangguan ini sering disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS).

4. Kegagalan dalam mengatur waktu

Banyak individu yang teradiktif mengatakan akan bermain online hanya sebentar saja, namun mereka justru online sampai beberapa jam atau hampir setengah hari, akibatnya banyak waktu yang terbuang, sementara beberapa pekerjaan lain yang semestinya dapat selesai dikerjakan akan terpakai untuk menggunakan komputer.

5. Kegagalan dalam menyelesaikan tugas

Banyak individu yang menggunakan fasilitas kantor untuk mengakses website yang sebenarnya tidak berhubungan dengan pekerjaannya selama jam kantor, akibatnya banyak pekerjaan menjadi tertangguhkan atau dikerjakan secara tidak maksimal karena waktu terpakai lebih banyak dalam menggunakan internet.

6. Kegagalan dalam pendidikan atau pekerjaan

Beberapa laporan menyebutkan bahwa internet adiktif telah membuat beberapa mahasiswa gagal dalam memperoleh nilai (grade) yang memuaskan, beberapa diantaranya gagal samasekali, sama halnya dengan karyawan, penurunan produktivitas kerja membuat beberapa diantara mengalami PHK.

7. Kegagalan dalam perkawinan atau menjalin hubungan

Penggunaan internet tanpa batas waktu menjadi ancaman retaknya sebuah hubungan, bagaimana tidak, beberapa individu lebih tertarik dengan dunia maya dibandingkan menjalin hubungan yang nyata dengan pasangannya. Beberapa laporan menyebutkan bahwa penyebab retaknya sebuah hubungan disebabkan pasangan yang lebih asyik mendownload atau mengakses situs porno sementara pasangan tidur sendirian.

8. Gangguan psikologis

Seorang psikiater dari New York University, Dr. Joel Gold, menemukan adanya gangguan kejiwaan pada individu yang teradiktif internet, ia menyebutnya sebagai Truman Show Delusion, beberapa ahli lain menyebutnya sebagai internet delusion. Perilaku ini seperti gangguan delusi pada umumnya, individu seperti merasa dimatai-matai, berbicara sendiri menyangkut internet, pikiran yang tenggelam dengan dunia maya.

Kecanduan komputer

a. Gejala Kecanduan Komputer

Langkah penting pertama untuk menghentikan kecanduan komputer adalah mengetahui tanda-tanda kecanduan komputer. Namun, ini bisa menjadi tugas yang sulit sebagai pecandu komputer karena cenderung berbohong kepada orang lain tentang waktu yang mereka habiskan di depan komputer. Namun demikian, jika Anda ragu bahwa teman Anda atau pasangan menjadi pecandu komputer, berikut adalah beberapa dari tanda-tanda yang mungkin Anda amati dalam dirinya.

  1. Orang-orang yang kecanduan komputer sering tidak menyadari jumlah waktu mereka yang telah dihabiskan pada komputer. Ada beberapa kasus di mana orang mulai menggunakan komputer hanya untuk satu jam, sebelum tidur dan akhirnya lupa waktu sehingga tidak menyadari waktu sudah pagi.
  2. Meskipun pecandu komputer mengalami perasaan euforia atau kesejahteraan sementara pada komputer karena kecanduan, mereka juga dikatakan merasa bersalah karena membuang waktu untuk itu. Karena alasan ini, mereka berbohong kepada majikan mereka, keluarga dan teman-teman tentang waktu yang mereka habiskan di Internet.
  3. Sebagai pecandu komputer menyadari bahwa apa yang mereka lakukan tidak sehat, mereka mencoba untuk membatasi waktu yang dihabiskan di atasnya. Namun, sebagian besar waktu mereka tidak mampu mengendalikan diri dan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu pada komputer daripada yang mereka pikir.
  4. Kecanduan komputer dapat mengabaikan keluarga dan teman-teman. pecandu memiliki begitu banyak teman di situs jaringan, bahwa pecandu cenderung menghindari hubungan dalam kehidupan nyata mereka. Mereka mungkin lupa untuk menghadiri pertemuan dengan teman-teman atau mungkin bahkan untuk tinggal bersama dengan keluarga keluarga. Mereka juga cenderung mengabaikan pasangan mereka atau pasangan yang dapat menyebabkan putusnya hubungan atau perceraian.
  5. Pecandu Komputer mulai nyaman menghabiskan waktu berada di depan komputer. Mereka mungkin berpikir dan memiliki rencana tentang apa yang akan mereka lakukan pada waktu berikutnya yang akan mempengaruhi pekerjaan dan keluarga lainnya serta tanggung jawab sosial.

Ada juga beberapa gejala fisik bahwa orang yang tergila-gila dengan komputer sudah menjadi pengalaman. Gejala fisik termasuk carpal tunnel syndrome yang disebabkan karena penggunaan keyboard berlebihan, punggung dan sakit leher, mata kering dan sakit kepala migrain, melewatkan makan dan mungkin juga menderita kurang tidur.

b. Akibat Kecanduan Komputer

Kecanduan komputer dapat terjadi dari berbagai jenis yaitu kecanduan game, chatting, email, jaringan sosial, browsing internet, judi online, belanja online, pornografi online, dll yang menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer tidak dapat hanya mempengaruhi orang yang melakukannya, tetapi juga orang-orang di sekelilingnya. Misalnya, seseorang yang mengabaikan pekerjaan dan tugas-tugas rumah tangga lainnya untuk menghabiskan waktu di depan komputer juga bisa diberhentikan dari pekerjaannya dan ini juga dapat menyebabkan keretakan antara dirinya dan keluarganya. Masalah kecanduan komputer begitu parah sehingga tidak lagi terbatas pada orang dewasa, tapi terlihat pada anak-anak dan remaja juga. Anak-anak cenderung mengabaikan studi mereka dan ini dapat menyebabkan kinerja yang buruk di sekolah. Seperti kecanduan komputer dapat menyebabkan seluruh banyak masalah, penting untuk mengumpulkan informasi tentang hal ini serta mengobati kelainan ini.

c. Pengobatan Ketergantungan Komputer

Jika Anda tahu bahwa salah satu teman Anda atau anggota keluarga pecandu komputer, Anda pasti akan ingin tahu, bagaimana menghentikan kecanduan komputer. Langkah yang paling penting menuju ini adalah membuat orang memahami bahwa dia memiliki masalah. Sebagian besar waktu, kecanduan komputer terjadi karena orang tersebut tegang, cemas, depresi atau kesepian. Dalam situasi seperti itu, komputer tampaknya menjadi surga yang membawanya jauh dari masalah-masalahnya. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah untuk mencari ahli psikolog profesional. Psikolog, melalui bantuan berbagai terapi dan sesi konseling akan membantu pecandu untuk memahami masalah dan membantu untuk pulih lagi.

Selain dari sesi konseling, penting bagi pecandu untuk membantu dirinya untuk keluar dari kecanduannya sepenuhnya. Ini dia bisa dilakukan dengan terlibat dalam kegiatan seperti belajar hobi baru, mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghidupkan kembali stres pecandu, pertemuan keluarga dan teman-temannya secara teratur, dan lain-lain Faktor lain yang akan membantu orang untuk keluar dari kecanduannya dengan cepat adalah kuat dukungan keluarga dan teman-temannya. Jadi, jika Anda cintai pecandu komputer, memperhatikan dia dan mendukung dia secara mental serta emosional untuk menyingkirkan kecanduan komputer.

Beberapa kerugian yang didapat yang berhubungan dengan psikologi :

a. Pola interaksi antar manusia

Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan tilpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

2. Kerahasiaan alat tes semakin terancam

Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet. Tes yang tersedia dalam internet yang pernah penulis buka antara lain adalah tes asertifitas, locus of control, tes inteligensi emosional, tes kecemasan. Kini semakin sulit untuk merahasiakan alat tes karena begitu mudahnya berbagai tes diperoleh melalui internet.

Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.

3. Kecemasan teknologi

Menjelang pergantian tahun 2000 banyak sekali manusia yang dilanda kecemasan dan ketakutan menghadapi kutu Y2K (year two kilo). Ketakutan akan listrik mati, pesawat akan tabrakan, uang di bank hilang, senjata nuklir menembakkan peluru tanpa terkendali. Itu adalah beberapa contoh ketakutan di awal millenium ini.

Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir. Smart products yang dikontrol oleh sistim komputer seperti mobil, rumah, kartu dll. Akan menjadi sumber stres yang besar bila terjadi gangguan dalam sisitim komputernya. Fenomena stres seperti ini yang disebut dengan technostress (Hanson, 1989). Stres karena teknologi adalah salah satu sumber stres dalam kehidupan manusia. Tentu saja banyaknya informasi yang masuk melalui e-mail atau internet dapat pula menyebabkan information overload, dan ini menjadi sumber stres yang lain. Berapa besar dampak stres teknologi ini pada kehidupan manusia, sepengetahuan penulis belum pernah ada studi yang mengidentifikasinya.

4. Perkembangan seksualitas.

Selain dapat digunakan untuk berpacaran melalui progam internet relay chatting (IRC), internet dapat pula digunakan untuk mengakses gambar dan filem porno. Walaupun gambar porno dan cerita porno dapat diperoleh dari berbagai sumber, kehadiran internet semakin menyemarakkan perolehan pronografi tersebut.

Banyak pakar yang berpendapat bahwa rangsangan seksual yang diperoleh anak akan mempercepat proses kematangan seksual (lihat Conger, 1975). Sejauh ini belum penulis ketahui apakah ada percepatan dalam kehadiran menstruasi pertama pada anak gadis, dan mimpi basah pertama pada anak laki-laki.Selain itu belum ada pula informasi yang sistimatik tentang dampak internet pada keterlibatan seks di luar nikah di kalangan remaja.

5. Perkembangan kognitif.

Berbeda dengan menonton televisi yang para penonton bersifat pasif, internet dan permainan elektronik sangat bersifat interaktif. Diduga internet dan permainan elektronik dapat merangsang pertumbuhan kecerdasan anak-anak dan orang dewasa.

Sejauah ini belum ada pemantauan untuk melihat perkembangan inteligensi anak-anak Indonesia. Seperti apakah anak-anak semakin tinggi IQnya dibandingkan dengan generasi sebelumnya, apakah anak-anak pengguna internet lebih tinggi kecerdasannya jika dibandingkan dengan yang bukan pengguna internet, dan di dalam komponen inteligensi, apakah terjadi perbedaan yang mencolok antara komponen perceptual speed dan spatial orientation dibandingkan dengan komponen verbal ability.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, manusia pun menciptakan teknologi yang lebih maju dalam membantu manusia lain dlam melakukan pekerjaannya. Seperti teknologi komputer. Semakin berkembangnya zaman komputer pun semakin canggih. Berawal dari sebuah computer yang diciptakan dengan ukuran sebesar satu ruangan kelas. Hingga sekarang komputer hanya berukuran sebesar buku tulis. Perangkat pendukung komputerpun semakin beragam yang mendukung kegiatan pengguna computer. Seperti joystick yang berkegiatan bermain game.

Setiap kemajuan diciptakan dalam membantu manusia, pasti ada sisi buruknya pula. Setip teknologi yang diciptakan memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi masyarakat sebagai pengguna teknologi komputer. Dampak negatif yang timbul adalah terjadinya kecanduan pada pengguna teknologi komputer. Dan hal ini sangat terlihat pada psikologis si pengguna. Pengguna menjadi acuh terhadap hal-hal yang terjadi di sekelilingnya dan apa yang dibutuhkannya, seperti saat sedang konsentrasi dan asik dengan komputernta, pengguna tidak akan memperhatikan teguran dari orang lain dan pengguna sering sekali lupa untuk makan atau minum.

Daftar Pustaka

Dhieliem (2010). Waspadai Kecanduan Komputer. From : http://ardhihalim.wordpress.com/2010/04/15/waspadai-kecanduan-komputer/, 6 Januari 2011.

Alim, Muhammad baitul (2009). Bentuk Kecanduan Komputer dan Internet Bagian 1. From : http://www.psikologizone.com/bentuk-kecanduan-komputer-dan-internet-bagian-1, 6 Januari 2011.

Alim, Muhammad baitul (2009). Bentuk Kecanduan Komputer dan Internet Bagian 2. From : http://www.psikologizone.com/bentuk-kecanduan-komputer-dan-internet-bagian-2, 6 Januari 2011.

Ancok, Djamaludin (2007). Psikologi dan Tantangan Milenium ke Tiga : Dampak Teknologi Internet pada kehidupan Manusia dan Pengolaan Intuisi Pendidikan Psikologi. From : http://ancok.staff.ugm.ac.id/h-19/psikologi-dan-tantangan-millenium-ke-tiga-dampak-teknologi-internet-pada-kehidupan-manusia-dan-pengelolaan-institusi-pendidikan-psikologi.html%20,%2002%20Januari%202011, 06 Januari 2011.

R, Haris (2010). Pengaruh Ilmu Komputer, Psikologi Cognitive dan Linguistik Ergonomi terhadap IMK. From : http://bluesclues-tech.blogspot.com/2010/02/pengaruh-ilmu-komputer-psikologi.html, 05 Januari 2011.

AnneAhira.com. Manfaat Komputer Di Berbagai Bidang. From : http://www.anneahira.com/manfaat-komputer-di-berbagai-bidang.htm, 5 Januari 2011.


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: