RSS

Data

22 Oct

Seperti pada artikel sebelumnya data dapat berupa tulisan, perkataan dari orang lain, gambar, rekaman suara atau video dan sumber informasi lainnya. Kumpulan data yang memiliki arti bagi seseorang akan menjadi sebuah informasi bagi orang tersebut.

Data adalah bahan utama dari pekerjaan manajemen sistem informasi. Tanpa data pekerjaan informasi tidak akan pernah ada. Dalam konteks sistem informasi data dipandang sebagai keterangan yang masih mentah. Data yang sudah diolah sesuai dengan keperluan disebut dengan informasi. Kebenaran dan keabsahan suatu data sangat diperlukan oleh organisasi sehingga data tersebut harus dinyatakan dengan adanya identitas penanggung jawab data dalam bentuk tanda tangan asli atau otentik.

Sering dikatakan bahwa data adalah bahan yang masih mentah. Sedangkan arti data menurut isinya adalah keterangan atau bukti mengenai suatu kenyataan yang masih mentah, masih berdiri sendiri, belum diorganisasikan dan belum diolah. Pengolahan data dapat dilakukan dengan alat pengolah manual, mesin manual, mesin elektrik, ataupun komputer.

Data otentik adalah data yang ada tanda tangan asli dengan tinta bukan fotokopi, film, fax, telegram, telex, ataupun foto. Data otentik berguna sebagai fakta pengingat , yang dapat digunakan sebagai bukti administratif, hukum dokumentasi dan bukti lainnya.

 

Sequential access storage device

SASD (Penyimpanan berurutan / direct access storage) Penyimpanan berurutan (sequential storage) adalah suatu organisasi atau penyusunan data di suatu medium penyimpanan yang terdiri dari satu catatan mengikuti satu catatan lain dalam suatu urutan tertentu. Misalnya, catatan pegawai disusun dalam urutan nomor pegawai. Bila penyimpanan berurutan yang digunakan, data pertama harus diproses pertama, data kedua diproses kedua, dan seterusnya sampai akhir file itu tercapai. Sebagian media penyimpanan komputer hanya dapat memproses data yang disusun secara berurutan.contohnya pita magnetik.

Prosesnya lambat kerena untuk mencari data tertentu harus selalu dimualai dari awal. Contoh : magnetic tape yang sudah jarang dipakai, umumnya hanya untuk backup, karena murah dan kapasitasnya yang besar.

Ciri-ciri

–          Proses pembacaan rekaman harus berurutan.

–          Tidak adak pengalamatan

–          Data disimpan dalam blok-blok secara sequential (berurutan)

–          Proses write hanya bisa dilakukan sekali saja

–          Kecepatan akses data sangan bergantung kerapatan pita, kecepatan pita, dan lebar celah atau gap antar blk (Inter Record Gap)

Kelemahan :

–          Akses langsung terhadap dta lambat

–          Memerlukan penafsiran terhadap mesin

–          Masalah lingkungan

Keuntungan :

–          Panjang record tidak terbatas

–          Densitas data tinggi

–          Harga relatif murah

–          Kecepatan transfer data tinggi

 

Direct access storage device

DASD (Penyimpanan akses langsung / direct access storage device)  Penyimpanan akses langsung (direct access storage) adalah suatu cara mengorganisasikan data yang memungkinkan catatan-catatan ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan. Unit perangkat keras yang memungkinkan hal ini disebut direct accsess storage divice (DASD). DASD memiliki mekanisme membaca dan menulis yang dapat diarahkan ke lokasi manapun dalam medium penyimpanan. Walau beberapa teknologi DASD telah dibuat, yang paling populer adalah piringan magnetic.

DASD atau media penyimpanan akses langsung (direct access storage device) adalah media arsip utama (file master) yang baik. Arsip utama adalah gambaran konseptual dari salah satu sumber daya perusahaan atau unsur lingkungan.

DASD prosesnya lebih cepat dibanding SASD, karena untuk mengambil data tertentu tidak perlu mancari data dari awal berurutan. Terdiri dari:

  • Magnetic disk : menggunakan medan magne, contoh : floppy dik (disket) dan harddisk.
  • Optical disk : menggunakan sinar laser. Contoh : CD-ROM.

Penggunaan DASD lain yang sering dijumpai adalah media penyimpanansementara yang berfungsi untuk menampung data semi-terproses. Misalnya saja, data dapat ditransfer dari satu program keprogram lainnya dalam bentuk piringan (disk). DASD dapat pula digunakan sebagai media masukan dengan cara yang sama seperti pita magnetik. Tetapi DASD tidak baik untuk penyimpanan historis, karena tumpukan piringan lebh mahal daripada gulungan pita atau cartridge.

Hampir sepanjang era komputer, pringan magnetik telah terbukti tidak terkalahkan sebagai DASD. Teknologi DASD baru yang berpeluang baik untuk ditetapkan sebagai media penyimpanan kedua atau sekunder adlah kepingan cakram. Kepingan yang kita kenal sekarang ini adalah CD (compact disk), VCD (video compact disk), CD-RW (compact disk-rewriteable) dan CD-R (compact disk-read).

Ciri-ciri :

–          Pembacaan rekaman tidak harus urut

–          Mempunyai alamat

–          Data dapat disimpan dalam karakter atau blok

–          Proses write dapat dilakukan beberapa kali.

 

 

Pemrosesan Data

  • Pengolahan Batch -> mencakup pengumpulan semua transaksi dan pemrosesan sekaligus dalm batch.

Batch processing system adalah pemrosesan transaksi secara batch (sekelompok demi sekelompok). Batch processing system merupakan kebalikan dari online transaction system. Dalam pemrosesan batch, transaksi tidak direkam ke dalam aplikasi pada saat terjadinya.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi pertimbangan mengapa para perancang sistem memilih batch transaction processing

–          Batch transaction system dalam sistem penjualan masih memungkinkan jika jumlah transaksi dengan konsumen per hari tidak terlalu banyak. Dengan demikian pengulangan pekerjaan (membuat nota secara manual dan menginput ulang transaksi ke dalam aplikasi) tidak menjadi beban yang berat.

–          Batch transaction system adakalanya dipilih untuk menangani back end accounting perusahaan. Jadi, perusahaan bisa memilih untuk merekam penjualan dengan aplikasi online. Kemudian pada akhir hari, bagian akuntansi memproses posting ke dalam jurnal dan buku besar setelah melakukan verifikasi terhadap transaksi sepanjang hari. Jadi, aplikasi penjualan adalah aplikasi online, tetapi aplikasi akuntansinya adalah aplikasi batch. Memang ada juga perancang sistem yang memilih untuk membuat aplikasi yang akan otomatis membuat jurnal langsung pada saat penjualan dicatat (seperti MYOB, misalnya).

Batch processing memiliki manfaat:

–          Hal ini memungkinkan berbagi sumber daya komputer antara banyak pengguna dan program,

–          Ini menggeser waktu pemrosesan pekerjaan untuk saat sumber daya komputasi kurang sibuk,

–          Ini menghindari diparkir sumber daya komputasi dengan intervensi manual oleh menit-menit dan pengawasan,

–          Dengan menjaga tingkat pemanfaatan yang tinggi secara keseluruhan, lebih baik lurus mengamortisasi biaya komputer, terutama salah satu yang mahal.

Penggunaan Umum Batch Processing :

–          Pengolahan data – Jadwal batch pengolahan khas termasuk akhir hari-pelapor (EOD).

–          Percetakan – Sebuah prosedur batch processing populer komputerisasi sedang mencetak.

–          Database – Batch processing juga digunakan untuk update database massal yang efisien dan pengolahan transaksi otomatis, sebagai kontras dengan proses transaksi interaktif online (OLTP) aplikasi.

–          Gambar – Batch processing sering digunakan untuk melakukan berbagai operasi dengan gambar digital.

–          Konversi – Batch processing juga digunakan untuk mengkonversi beberapa file komputer dari satu format yang lain.

  • Pengolahan On-line -> mencakup pengolahan transaksi satu persatu, terkadang pada saat transaksi itu terjadi transaksi lain, karenanya berorientasi maka sering disebut pemrosesan transaksi.

Merupakan sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data, dalam kendali komputer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk.

Salah satu contoh penggunaan online processing adalahtransaksi online (E-commerce, Ebay, Internet Banking, Reservation Ticket, Pendaftaran Online,dll). Dalam sistem pengolahan online, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, divalidasi dan digunakan untuk meng-update dengan segera file komputer. Hasil pengolahan ini kemudian tersedia segera untuk permintaan keterangan atau laporan.

Manfaat penggunaan Online Processing :

–          Menyediakan suatu informasi yang up-to-date.

–          Menyediakan suatu proses kontrol lebih awal

–          Meniadakan proses sortir dan pengubahan data.

Kerugian penggunaan Online Processing :

–          Membutuhkan peralatan yang lebih mahal.

–          Tidak dapat menggunakan batch kontrol.

  • Sistem Real-time -> suatu sistem yang mengendalikan sistem fisik. Sistem ini mengharuskan komputer merespon dengan cepat pada status sistem fisik. Istilah real-time ini digunakan untuk menggambarkan sistem on-line yang bereaksi pada kegiatan sistem fisik secara cukup cepat, sehingga dapat mengendalikan sistem tersebut. Sistem ini merupakan bentuk khusus dari sistem on-line yang diperluas kemampuannya dengan menggunakan sumber daya konseptual untuk menentukan operasi dari sistem fisik tersebut.

Real time system disebut juga dengan Sistem waktu nyata. Sistem yang harus menghasilkan respon yang tepat dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jika respon komputer melewati batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan sistem. Sebuah Real time system adalah sistem yang kebenarannya secara logis didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan ketepatan waktu hasil-hasil tersebut dikeluarkan. Aplikasi penggunaan sistem seperti ini adalah untuk memantau dan mengontrol peralatan seperti motor, assembly line, teleskop, atau instrumen lainnya. Peralatan telekomunikasi dan jaringan komputer biasanya juga membutuhkan pengendalian secara Real time.

Berdasarkan batasan waktu yang dimilikinya, Real time system ini dibagi atas:

–          Hard Real time

–          Soft Real time

–          Firm Real time

Komponen dari Real time system ini adalah:

–          Perangkat keras,

–          Sistem Operasi Real time,

–          Bahasa Pemrograman Real time,

–          Sistem Komunikasi.

Karakteristik dari sistem real time :

–          Single Purpose —> Tidak seperti PC, yang memiliki banyak kegunaan, sebuah sistem waktu nyata biasanya hanya memiliki satu tujuan, seperti mentransfer sebuah lagu dari komputer ke mp3 player.

–          Small Size —> Kebanyakan sistem waktu nyata banyak yang ada memiliki physical space yang terbatas.

–          Inexpensively Mass-Produced —> Sistem operasi waktu nyata memenuhi persyaratan waktu yang ditentukan dengan menggunakan algoritma penjadwalan yang memberikan prioritas kepada proses waktu nyata yang memiiki penjadwalan prioritas tertinggi. Selanjutnya, penjadwal harus menjamin bahwa prioritas dari proses waktu nyata tidak lebih dari batas waktu yang ditentukan. Kedua, teknik untuk persyaratan waktu penagmalatan adalah dengan meminimalkan response time dari sebuah events seperti interupsi.

 

 

Amsyah, Zulkifli. (2005). Manajemen sistem informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gaol, Jimmy. L. Sistem informasi manajemen. Jakarta: Grasindo.

Sulianta, Feri. (2008). Komputer foresik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

______. Data base. http://fadli-tn.info/note/data-base/ (diakses tanggal 21 oktober 2012)

______. Organisasi dan akses file. http://indirpan.wapsite.me/Slide%20BSI/Pemrograman %20Terstruktur/12.Organisasi%20dan%20Akses%20File (diakses tanggal 21 oktober 2012)

______. Batch processing system. http://blogakuntansi.blogspot.com/2011/11/batch-processing-system.html (diakses tanggal 21 oktober 2012)

______. Pemrosesan data batch, data online, system realtime.  http://anomali24.blogspot.com/2011/12/pemrosesan-data-batch.html (diakses tanggal 21 oktober 2012)

______. (2011)Pemprosessan data (batch processing, online processing, dan realtime processing).  http://digital-gamer-xyz.blogspot.com/2011/11/pemrosesan-data-batch-processing-online.html#axzz2A0p7l783 (diakses tanggal 21 oktober 2012)

 
Leave a comment

Posted by on October 22, 2012 in Data, Sistem Informasi Psikologi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: