RSS

Behavioral Therapy

29 Apr

Terapi perilaku merupakan suatu bentuk terapi yang mengaplikasikan prinsip-prinsip dari kondisioning klasik dan kondisioning operant untuk membantu orang-orang dalam mengubah perilaku merusak diri sendiri atau perilaku problematis.

Terapi behavior dan pengubahan perilaku atau pendekatan behavioristik dalam psikoterepi adalah salah satu dari beberapa “revolusi” dalam dunia pengetahuan psikologi, khususnya psikoterapi. Pendekatan behavioristik yang dewasa ini banyak dipergunakan dalam rangka melakukan kegiatan psikoterapi dalam arti luas atau konseling dalam arti sempitnya. Aliran ini pada mulanya tumbuh di Amerika dengan tokohnya yang terkenal ekstrim, yakni John Broadus Watson. Aliran ini memandang seseorang sebagai “seorang tumbuh menjadi seperti apa yang terbentuk oleh lingkungan”. Munculnya aliran ini berasal dari orientasi pemikiran Filsafat pada abad-abad yang lalu.

Didalam perkembangannya, terapi perilaku sebagai metode yang dipakai untuk menggubah perilaku atai dalam arti umumnya sebagai salah satu teknik psikoterapi, menurut Corey ada tiga tahap:

  1. Tahap kondisioning klasik dimana perilaku baru  dihasilkan dari individu secara pasif.
  2. Tahap kondisioning aktif (operant)diaman perubahan-perubahan dilingkungan terjadi akibat sesuatu perilaku, bisa berfungsi sebagai penguat (reinforcer) agar suatu perilaku bisa terus diperhatikan, sehingga kemungkinan perilaku tersebut akan diperhatika terus dan semakin diperkuat. Sebaliknya jika lingkungan tidak menghasilkan suatu penguat, harapan untuk memperlihatkan kembali perilakunya berkurang. Tokoh utama pada tahap kedua ini dalah Skinner.
  3. Tahap ketiga adalah atahap kognitif.

Tujuan terapi perilaku adalah menghilangkan tingkah laku yang tidak sesuai dan menggantikannya dengan perilaku yang sesuai. Pada dasarnya terapi perilaku merupakan proses penghapusan hasil belajar yang salah dengan memberikan pengalaman-pengalaman belajar yang baru yang didalamnya mengandung respon-respon layak yang belum diperlajari. Secara rinci tujuan tersebut adalah untuk:

  1. Menghapus pola-pola perilaku yang tidak sesuai dan membantu mereka mempelajari pola-pola perilaku yang lebih konstruktif
  2. Mengubah tingkah laku maladaptif anak
  3. Menciptakan kondisi-kondisi baru yang memungkinkan terjadinya proses belajar ulang

Tujuan terapi perilaku hendaknya memperhatikan kriteria sebagai berikut (Krumboltz):

  1. Diinginkan oleh klien
  2. Harus ada keinginan dari konselor untuk membantu klien dalam mencapai tujuan
  3. Pencapaiannya dapat dinilai opleh klien

Behavior self-monitoring merupakan salah satu metode pada terapi perilaku untuk mencatat frekuensi dan konsekuensi dari perilaku yang ingin diubah.

Desensisasi sistematis merupakan proses bertahapdari desentisasiterhadap ketakutan klien pada suatu objek atau pengalaman, pada terapi perilaku desensitisasi sistematik didasarkan pada prosedur kondisioning klasik dalam melakukan counterconditioning.

Flooding pada terapi perilaku merupakan suatu bentuk terapi dimana klien dipertemukan dengan situasi yang membuatnya merasa panik, hingga rasa panik itu hilang.

Graduated exposure merupakan metose pada terapi perilaku dimana seseorang yang menderita duatu fobia atau serangan panik ditenangkan secara bertahap untuk menghadapi situasi yang ia takuti atau menghadapkannya pada ingatan trumatik, hingga ketakutannya hilang.

Wade, Carole & Travis, Carol. (2008). Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Gunarsa, Singgih D. (2007). Konseling dan Psikotrapi. Jakarta: Gunung Mulya.

Sunardi, Permanarian & Assjari, M. (2008). Teori konseling. Bandung: PLB FIP UPI.

 
Leave a comment

Posted by on April 29, 2013 in Behavioral Therapy, Psikoterapi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: